Jumat, 03 Mei 2013

Tawon Klanceng

"Tawon klanceng" ,inilah yang ingin saya informasikan untuk anda semua.tawon ini adalah penghasil madu juga seperti tawon madu atau lebah madu tapi bentuknya kecil-kecil sebesar semut hitam bisa terbang tapi tidak suka menyengat mungkin karena tidak punya sengat.
Tawon ini biasanya ditemukan pada bambu,jika ada bambu berlubang kecil mungkin saja itu ditempati tawon klanceng,tapi bisa juga semut yang menempati.
Madu yang dikumpulkan tawon klanceng ini rasanya manis kadang ada tambahan rasa seperti aroma bambunya.
Saat ayahku menebang pohon bambu dan membelahnya ternyata ada tawon yang menghuninya maka aku ambil madunya dan tawonya saya pelihara saya taruh di bambu yang tadinya dihuni tapi saya potong secukupnya saja.
Saat ini aku memelihara dua koloni tawon klanceng yang rumahnya saya letakkan berdekatan kira-kira cuma berjarak 5cm aja dan ternyata tawon-tawon ini tidak salah masuk rumah ini karena ada antena disungut masing-masing tawon yang bisa memerima dan memancarkan gelombang elektromagnetic yaitu sejenis gelombang radio dan hp,gelombang inilah yang dipakai untuk navigasi tawon agar bisa menemukan sarangnya lagi dan tidak tertukar dengan sarang lebah lain.
Saya sangat mencintai alam jadi aku tidak suka membunuh hewan meski semut sekalipun apalagi tawon klanceng maka saya berusaha memelihara tawon ini dan rencana saya ingin memelihara lebah madu yang gede juga,biar makin banyak dan tidak punah itu harapan saya.
Madu tawon klanceng tentunya berkasiat juga lho untuk menyembuhkan penyakit,saya sudah meminumnya rasanya manis kok seperti madu lebah biasa malah ada yang mengatakan madu tawon klanceng lebih berkhasiat.
Nah setelah tahu sedikit tentang tawon klanceng maka renungkanlah betapa Allah telah menciptakan banyak hal untuk kita dan benda sekecil dan seremeh apapun pasti ada gunanya asal kita bisa mengambil hikmah dan memanfaatkanya.
Jadilah orang bijak yang mencintai alam agar alam tidak memusuhi kita,alam lestari manusia akan makmur.
Buatlah tumbuhan dan hewan (flora dan fauna) lestari selalu agar indah alam ini.
Ingatlah bahwa tidaklah Allah menciptakan sesuatu itu dengan sia-sia pasti ada gunanya/manfaatnya.
Terima kasih.
Salam :  Giyo Bares

Tidak ada komentar: