Kamis, 25 Juli 2013

Cara bongkar keyboard Laptop acer eMachines D720

Berbagi ilmu berbagi pengalaman itu menyenangkan bagiku meski kadang pengalaman dan ilmu saya kurang begitu berdaya guna bagi orang-orang yang jauh lebih.......dari saya,sebenarnya itu membuatku minder,tapi aku harus berbagi......
Itulah motifasiku.
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang laptop saya eMachines D720 laptop ini produk turunan dari acer lho kualitasnya bagus dan saat ku bongkar keyboardnya terlihat processornya intel buatan taiwan yang merupakan negara produsen alat-alat canggih seperti smartphone HTC,Laptop Acer dan lain-lainlah.....sok tau aku ini.
Laptop ini dibawah casingnya ada tulisan made in cina tapi komponenya ternyata dari pabrik berkelas dunia.

Begini cerita sesungguhnya yang ingin saya sampaikan,
Saat saya sakit yang cukup lama juga laptop saya nganggur gak kepakai,lalu suatu ketika saya ingin buka-buka laptopku lagi lihat-lihat foto-foto dan video dokumen yang saya simpan didalam hard disc laptop eMachines D720 yang berkapasitas 160Gb itupun dah saya partisi jadi 3 partisi karena aku pake triple boot laptop ini yaitu windows xp,windows 7 dan linux ubuntu saya install 3os dalam satu laptopku itu.itu juga menunjukkan betapa aku ini berselera tinggi dibidang IT ini meski pendidikanku sangat rendah yaitu hanya lulusan stm jurusan mekanik umum.
Wah sampai mana tadi ceritanya....?
Begini....saat saya sakit dan laptop tidak dipakai laptop jadi rusak,rusaknya membingungkan bagiku.saat buka folder (dengan doble klik kiri)yang terjadi malah delete folder,begitu terus.saya utak atik kontrol panel gak nemu penyelesaian.karena pusing akhirnya ku inul atau install ulang.lega hatiku karena laptopku sembuh,tapi tak lama dari itu ada masalah lagi yaitu laptop tidak mau booting,bisa boot jika tekan tombol enter atau tombol sembarang baru bisa boot masuk windows.aku berfikir apa harddisc ku rusak ya?aku gak tahu karena memang aku gaptek tahu tentang komputer aja dari google jadi google adalah guru 98% dari ilmuku didunia IT.
Begitulah laptopku kadang bisa boot normal kadang harus tekan enter dulu baru bisa masuk windows.

Setelah itu ku install ulang berkali-kali sampai 4 kali tapi hasil sama saja.suatu ketika saya ketik-mengetik karena sebelumnya jarang ketik-mengetik dan disinilah aku akhirnya bisa menemukan masalah sesungguhnya dari gangguan laptopku itu.saat ketik mengetik itu ternyata ada beberapa tombol yang tidak bisa mengetik dan setelah itu muncul tambahan masalah lagi yaitu ada tombol tertentu yang malah suka mengetik sendiri.setelah itu ada masalah lagi yaitu sering terdengar bunyi teng....treng .....teng atau teng tang teng melulu dan tetap bunyi meski volume media dibikin mute atau mode diam karena suara bukan dari speaker laptop tapi dari spraker alarm/peringatan/speaker bios (maaf asal asalan nyebutnya karena belum tahu)

Sejak saat itulah saya yaqin kalau gangguan di laptop acer emachines D720 ku itu dari keyboardnya maka meski aku seorang bengkel laptopku kuserahkan pada bengkel komputer untuk atasi keyboardnya.kenapa tidak kuatasi sendiri?jawab:karena aku bengkel mobil.
Setelah laptop diservice keyboardnya dengan biaya Rp.50.000,- kucoba-coba deh.......
Wuiiiih mantabpb......bisa boot normal bisa masuk windows tanpa tekan tombol enter.seneng hatiku..........
Tapiiiiii lima menit kemudian bunyi teng. ..teng.....treng......muncul lagi dan ada beberapa tombol ga bisa digunakan untuk mengetik bahkan trackpad laptop pun jadi ikut error klik kanan klik kiri juga gak efektif gak respon.artinya........sebel......mangkel........medegel........neng cengel........sak dugel neng sak njroning atiku (mohon bg yg tidak bs bahasa jawa untuk diterjemahkan di google.translate.com)
Akhirnya aku tanya kesana kemari tentang berapa harga keyboard laptop acer/emachines d720 tersebut baik baru maupun sekenan,harga keyboard laptop baru sekitar 250ribu sampai 300 ribu sedangkan harga keyboard laptop seken terserah yang mau jual tentunya.Alhasil tidak kubelikan juga keyboard untuk lapyku ini karena aku sedang krisis moneter.

Akhirnya keyboardnya kulepas dan saya cabut kabel konektor keyboardnya alias tanpa keyboard meski keyboard tetap saya padang di Laptopnya meski 100% tidak fungsi dan biar tidak terkesan serem jika tidak ada keyboardnya.tapi dengan memutus kabel keyboard ini laptop jadi enak dipakainya meski hanya dikendalikan dengan trackpadnya dan on screen keyboard dah tahu kan apa itu on screen keyboard?bagaimana cara membuka on screen keyboard?klik star-all program-acessories-easy acces.......-on screen keyboard.nah,,,,jika on screen keyboard dah muncul kamu bisa menggunakan fungsi keyboard untuk mengetik,tombol shift, ctr,alt,f2,f3,f8,f10 dan lain-lainya.yang jelas laptop bisa mudah dikendalikan dengan dilepasnya keyboard bawaan ini(karena keyboard yang rusak malah mengganggu operasional laptop itu sendiri klik kanan kiri jadi kacau,nulis sendiri/ketik sendiri ribet deh kalo key board komputer laptop rusak.



Gambar keyboard Laptop eMachines D720

Cara membongkar/melepas keyboard laptop emachines D720:
Caranya sangat simple dan mudah lepas batre laptop ada 3 buah baut dibawah batre,nah baut itu aja yang dilepas,jangan lepasin baut semua atau malah buka keseluruhan casing laptop/netbooknya,jadi cukup lepas 3 baut dibawah batere kemudian lepas casing depan keyboard yang ada tombol power on/off itu aja dengan kuku atau pelat tipis halus karena casingnya melekatnya cuma scara ceplesan aja seperti pada kebanyakan handphone/hp.
Setelah casing atas depan keyboard bawah layar terlepas.......geser keyboard laptop ke belakang /searah pandangan matamu atau pakai cara apa aja bisa dengan mengamati konstruksi Laptopnya,mudah banget pokoknya,jangan lupa lepaskan kabel keyboard yang terletak dibawah keyboard caranya tarik pengancing soket kabel keybordnya dulu setelah itu tarik kabelnya maju mendekatimu dan bisa lepas dengan mudah.
Setelah terlepas silahkan mau diservice atau di ganti baru atau dinonaktifkan saja seperti punya saya,nanti pakai aja keyboard usb yang harganya lebih murah sekitar Rp.25 ribu rupiah aja tp tidak bisa dipasang ditempat keyboard asalnya bisanya ya ditaruh dimeja,gak manis memang tapi lebih irit karena kalau mau ganti keyboard laptop yang baru harganya 300 san ribu yang bagi yang masih miskin seperti saya ini tentunya keberatan.

Jadi kesimpulan saya mengenai tanda-tanda keyboard rusak sbb:
1.suka ngetik sendiri
2.tidak bisa diketik
3.Komputer/Laptop susah boot/susah masuk sistem operasi/susah masuk windows bagi yang berOS windows.
4.menjalankan program jadi susah bahkan kadang gak bisa apalagi program word,excell,ptt dll
5.bisa eksekusi semaunya sendiri tanpa kita kehendaki misal delete sendiri,open folder sendiri,tidak sesuai yang kita mau/tlonyar-tlonyor
6.masih banyak lagi cari sendiri aja ya.

Tapi tentunya tanda atau ciri kerusakan keyboard bisa berbeda-beda tergantung tingkat kerusakanya.
Semoga manfaat.
Salam dari saya Giyo Bares

Artikel terbaru
Pengobatan alternatif

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar: