Rabu, 24 April 2013

Cara Root Cross Andromeda A18

CARA ROOT DAN FLASH CROSS A18.

Oleh: Shani Aceng DKK
Baca yang bener jangan terburu2,p
ahami dan pikir pake akal sehat
lakukan langkah yg benar sesuai
langkah2 yg di jelasin di bawah ini
pake CARA ROOT KE 1  dulu kalo
bermasalah baru pake CARA ROOT KE 2 kalo pake cara CARA ROOT KE1 atau pake CARA ROOT KE 2 tetep bermasalah baca bagian NB; solusi tambahan kalo ada masalah
ini cara root ke 1 dan ke 2 menggunakan media pc / laptop dan sejenisnya perlu diketahui proses cara root a18 belum ada yg work tanpa pc/laptop 100%
(kalo pun kedepannya ada cara yg work
root tanpa pc/laptop pasti ada bagian
tambahan di tutor ini)
root pake media pc malah lebih baik gan di
banding proses root di hh langsung
kenapa ane bilang begitu ?
soalnya kita dpt ilmu tambahan, selain bisa
root kita juga dpt ilmu cara instal driver/
software di pc ,,
CARA ROOT KE 1 ;
Dari agan bysantoso:
Sebelumnya maaf gan, kalo tutorialnya
nanti membingungkan agan, krn baru
pertama kali bikin tutorial. Agan harus
punya akun 4shared, krn semua file ane di
4shared.
Peralatan :
1. SP_Flash_Tool_v2.1134.00
2. Driver nya gan.biar hh bisa ke detek pc.
3. unsecured_boot.img yg udah ane modif
biar bisa buat A18 kita. download unsecured_boot.img
4. Download scatter yg udah ane modif juga.
5. Super One Click 2.3.3

6. siapkan kompi/laptop/netbook yg ber
OS win xp sp 2 / xp sp 3 / win 7 32 bit dan
winrar
7, pasang net framework yg versinya sesui
dengan os pc / laptop nte di google cari yg
offline aja (kalo dah terpasang lewati saja)
8.hh a18 & kabel data ori a18 / kabel data
lain yg bisa ngedetek hh di pc/laptop
langkah eksekusi;
- hidupkan HH.
-enable-kan USB debungging;
setelan - aplikasi - pengembangan-
centang/kasih tanda ceklis USB debungging
- colok ke PC.
- Extract driver & double klik pada InstallDri
ver.exe. tunggu proses instalasi. Agan
semua pasti tau gimana caranya instal
driver kan ? atau bisa pake driver lain.
pokoknya PC bisa mendeteksi HH agan !.
baik dalam kondisi ON maupun OFF.
-PC harus bisa mendeteksi HH kita dalam
kondisi on / off
caranya instal driver & lihat di Device
Manager. lihat mesti ada tambahan
hardware yg terdeteksi pc dan cek kalo
misalkan ada tapi msh ada tanda
peringatan warna kuning berati driver blm
terinstal sempurna dan lakukan klik kanan
pada devices yg ada tanda peringatan
warna kuning klik update driver arahkan
menuju driver hh yg dah di donlod tadi
lakukan sampe hh ter detec sempurna
terbaca di device manager & tidak ada
tanda peringatan warna kuning (ane anggap
semua sudah paham caranya)
kalo hh nya susah ke detec pc donlod aja snapea
kalo kondisi hh mati ga kedetek pc coba
teken vol up aga lama (hh tetep mati)
terus colokin hh k pc sambil di liat di
devices manager terdetek sempurna /
tidak
atau silahkan baca poin ke 1 di bagian NB;
solusi tambahan kalo ada masalah
-cabut HH dari PC.
-Matikan HH, cabut baterai 5 detik, pasang
lagi batre ke pc(jangan dihidupkan ! ).
- Buka SP Flash Tool, option > kasih tanda
ceklis pada usb mode.
kalo sp flash tool ga bisa d buka baca poin
ke 2 di bagian nb solusi tambahan kalo ada
masalah
-File >klik & Open scatter loading file. pilih
scatter yg udah ane sedia'in, kemudian klik
Open. kalo muncul peringatan, klik OK aja
gan. file scatter ini bertuliskan MT6573_
Android_scatter, itu agar SP Flash Tool yg
ane pake bs mengenali scatter ane. yg
penting adalah isinya. pernah coba pake SP
Flash tool versi lain, tp gk bs baca scatter
ane gan.
kalo masukin scatter ke sp flash tool error
baca poin ke 16 di bagian nb solusi
tambahan kalo ada masalah
-centang dan double klik pada BOOTIMG
terus masukan file unsecured_boot.img (yg
hasil donlod tadi)
klik tombol Download, kemudian hh
(keadaan mati )colokan ke PC aga cepet
colokinnya soalnya cuma d kasih waktu 15
detik bwt detek hh nya.
tunggu sampe ada gambar lingkaran hijau.
disertai proses charging. itu tandanya
proses flash berhasil.
kalo "sp flash tool error:(8100)" baca poin
ke 8 di bagian nb solusi tambahan kalo ada
masalah
kalo "sp flash tool error:(16008)" baca poin
ke 9 di bagian nb solusi tambahan kalo ada
masalah
-Cabut HH dari PC. cabut baterai 5 detik,
pasang kembali. Hidupkan HH.
ROOTING
-colokan HH agan.(kondisi ON)
-Buka SuperOneClik. klik ROOT. tunggu
sampai proses selesai.
kalo SuperOneClik ga bisa di buka baca
poin 3 di bagian nb solusi tambahan kalo
ada masalah
-alapanblast agan berhasil di ROOT. Cari
superuser apa sudah terinstal di HH agan.
itu tandanya ROOT berhasil.
kalo sukses fash + root pake cara KE 1
di anjurkan flash / pasang cwm dulu pake
cara yg ini
soalnya cara flash + root ke 1 blm ada
cwmnya jd mesti pasang cwm dulu (cwm di
butuh bwt keperluan selanjutnya)
kalo udah pasang cwm backup dulu room
via cwm
baca aja ini
(bwt jaga2 kalo hh botlop gara2 hapus
data/lainnya jd tingga restore room yg dah
di backup via cwm)

CARA ROOT KE 2 ;
siapkan terlebih dahulu donlod file2
berikut;
1, room (sudah ada cwm alias clockworkm
od)
pastikan koneksi internet anda stabil
soanya file sizenya 150mb an download rom include cwm
2, sp flash tool v2 (file nya sama dengan yg
cara root ke 1) download sp flash tool v2
3, download scatter (file nya sama dengan yg cara
root ke 1)
4, soc (file nya sama dengan yg cara root
ke 1) download super one click
5, Download Driver nya gan.biar hh bisa k detec pc
(file nya sama dengan yg cara root ke 1)
6. siapkan kompi/laptop/netbook yg ber
OS win xp sp 2 / xp sp 3 / win 7 32 bit dan
winrar
7, pasang net framework yg versinya sesui
dengan os pc / laptop nte di google cari yg
offline aja (kalo dah terpasang lewati saja)
8.hh a18 & kabel data ori a18 / kabel data
lain yg bisa ngedetek hh di pc/laptop
langkah eksekusi;
- hidupkan HH.
-enable-kan USB debungging;
setelan - aplikasi - pengembangan-
centang/ksh tanda ceklis USB debungging
- colok ke PC.
- Extract driver & double klik pada InstallDri
ver.exe. tunggu proses instalasi. Agan
semua pasti tau gimana caranya instal
driver kan ? atau bisa pake driver lain.
pokoknya PC bisa mendeteksi HH agan !.
baik dalam kondisi ON maupun OFF.
-PC harus bisa mendeteksi HH kita dalam
kondisi on / off
caranya instal driver & lihat di Device
Manager. lihat mesti ada tambahan
hardware yg terdeteksi pc dan cek kalo
misalkan ada tapi msh ada tanda
peringatan warna kuning berati driver blm
terinstal sempurna dan lakukan klik kanan
pada devices yg ada tanda peringatan
warna kuning klik update driver arahkan
menuju driver hh yg dah di donlod tadi
lakukan sampe hh ter detec sempurna
terbaca di device manager & tidak ada
tanda peringatan warna kuning (ane anggap
semua sudah paham caranya)
kalo hh nya susah ke detec pc donlod aja
snapPea
http://www.snappea.com/
kalo kondisi hh mati ga kedetek pc coba
teken vol up aga lama (hh tetep mati)
terus colokin hh k pc sambil di liat di
devices manager terdetek sempurna /
tidak
atau silahkan baca poin ke 1 di bagian NB;
solusi tambahan kalo ada masalah
-cabut HH dari PC.
-Matikan HH, cabut baterai 5 detik, pasang
lagi batre ke pc(jangan dihidupkan ! ).
- Buka SP Flash Tool, option > usb mode.
kalo sp flash tool ga bisa d buka baca poin
ke 2 di bagian nb solusi tambahan kalo ada
masalah
-File >klik & Open scatter loading file. pilih
scatter yg udah ane sedia'in, kemudian klik
Open. kalo muncul peringatan, klik OK aja
gan. file scatter ini bertuliskan MT6573_
Android_scatter, itu agar SP Flash Tool yg
ane pake bs mengenali scatter ane. yg
penting adalah isinya. pernah coba pake SP
Flash tool versi lain, tp gk bs baca scatter
ane gan.
kalo masukin scatter ke sp flash tool error
baca poin ke 16 di bagian nb solusi
tambahan kalo ada masalah
centang & klik pada;
-kasih tanda ceklis dan double klik
BOOTIMG masukan file boot.img(yg dr
hasil donlod room tadi)
-kasih tanda ceklis dan double klik
RECOVERY masukan file recovery.img(yg dr
hasil donlod room tadi)
-kasih tanda ceklis dan double klik
ANDROID masukan file system.yaffs2.img
(yg dr hasil donlod room tadi)
-kasih tanda ceklis dan double klik CACHE
masukan file cache.yaffs2(yg dr hasil
donlod room tadi)
-kasih tanda ceklis dan double klik
USRDATA masukan file data.yaffs2(yg dr
hasil donlod room tadi)
klik tombol Download, kemudian hh
(keadaan mati )colokan ke PC aga cepet
colokinnya soalnya cuma d kasih waktu 15
detik bwt detek hh nya.
tunggu sampe ada gambar lingkaran hijau.
disertai proses charging. itu tandanya
proses flash berhasil.
kalo "sp flash tool error:(8100)" baca poin
ke 8 di bagian nb solusi tambahan kalo ada
masalah
contoh gambar kalo flash pake sp flash tool
dah berhasil;
-Cabut HH dari PC. cabut baterai 5 detik,
pasang kembali. Hidupkan HH.
ROOTING
-colokan HH agan.(kondisi ON)
-terus pilih menu di hh
masuk setting - application - Development-
centang USB debungging
(ksh tanda ceklis)
-Buka SuperOneClik. klik ROOT. tunggu
sampai proses selesai.
kalo SuperOneClik ga bisa di buka baca
poin 3 di bagian nb solusi tambahan kalo
ada masalah
-alapanblast agan berhasil di ROOT. Cari
superuser apa sudah terinstal di HH agan.
itu tandanya ROOT berhasil.
tutorial cara flash & root ke 2 bentuk
video
(kalo ga di butuhkan ga perlu di donlod)
download video cara root cross a18
kalo sukes flash dan root pake cara ke 2
backup dulu room via cwm
baca disini
(bwt jaga2 kalo hh botlop gara2 hapus
data/lainnya jd tingga restore room yg dah
di backup via cwm)
kalo pake semua cara belum berhasil
juga coba download "teamviewer"
di sini
setelah di donlod extract file teamviewer
caranya kalo blm tau =klik kanan pada file
teamviewer pilih extract here cari foleder
yg bernama teamviewer dan buka
NB; solusi tambahan kalo ada
masalah (wajib di baca dan di
perhatikan):
1, kalo cara cek hh on ke detek/blm di pc
pasti ane rasa semua pada tau kan ?
ane di sini mau ksh tau cara cek hh yg off
(mati) kedetek / blm di pc
caranya;
cabut kabel data - trus matiin hh - terus
teken aga lama volume up- trus colokin hh
ke pc via kabel data -trus cek devices
manager apa hh dah kedetek dengan
semperna atau blm kalo di devices
manager ke deteck tp ada tanda
peringatan warna kuning ,klik kanan pada
icon yg ada tanda warna kuning trus pilih
update driver dan arahkan ke driver yg
hasil donlod tadi lakukan sampes hh
terdetek sempurna, (tanpa ada tanda
pringatan warna kuning)
ane anggap semua dah pada tau caranya
gunakan kabel data ori a18 / kabel data
lain yg bener2 bisa ngedetek hh di pc/
laptop
kalo mash ga bisa silahkan baca poin ke 17
di NB; solusi tambahan kalo ada masalah
2, kalo hh msh bandel terdetek pc tapi
masih ada tanda warna kuning
coba donlod driver yg ini

3, kalo sp flash tool / SuperOneClik
tidak bisa di buka atau error di pc/
laptop nte
coba donlod & instal dulu net framework
yg versinya sesui dengan os pc / laptop nte
di google (cari yg offline aja)
4, kalo scatter ga bisa di load coba bikin file scatter pake cara ini

5, kalo sukses fash + root pake cara KE1 di anjurkan flash / pasang cwm dulu pake cara yg ini soalnya cara flash + root ke 1 blm ada
cwmnya jd mesti pasang cwm dulu (cwm di
butuh bwt keperluan selanjutnya)
6, kalo sukses fash + root pake cara KE
2
tidak perlu flash / pasang cwm lagi
soalnya recovery ori dah di ganti pake
CWM
7, dianjurkan backup room dulu via
CWM (ini penting) kalo dah sukses root
(bwt jaga2 kalo terjadi kesalahan oprek2 hh nya).
cara masuk cwm baca di grup Cross A18 di facebook.
8, kalo pas proses flash pake sp flash tool
keluar peringatan
"sp flash tool error:(8100)"
yakinkan kalo hh dah kedetek sempurna di
pc/laptop dlm keadaan hh on / off
dan gunakan kabel data ori a18 / kabel
data lain yg bener2 bisa ngedetek hh di pc
dengan sempurna
kalo mash ga bisa silahkan baca poin ke 17
di NB; solusi tambahan kalo ada masalah
9, kalo pas proses flash pake sp flash tool
keluar peringatan
"eboot error:(16008)"
coba pake cara root ke 2
kalo mash ga bisa silahkan baca poin ke 17
di NB; solusi tambahan kalo ada masalah
10, ini bahan2 sudah ane tes work 100% di
win xp sp 2 , win xp sp3 dan win 7 32bit
kalo selain itu blm ane coba
11, kalo nte ga bisa instal driver hh biar
bisa terdetek pc dngn baik & benar minta
bantuan teman/sodara yg punya
pengetahuan cara instal driver pada pc/
laptop (biasanya orng yg sering instal
program2/software2 pada pc/laptop ini hal
sepele baginya)
12, kalo mau tanya yg kurang dimengerti
tolong baca dulu semua coment dari user
yg lain di bawah ,siapa tau pertanyaan yg
anda akan tanyakan sudah terjawab dari
comen user lain
13, Ane saranin pake tool yg udah ane
sedia'in, karena ini udah tested and work
di alapanblast ane.
14, kalo hh udah di root jng lupa backup
pake cwm
(bwt jaga2 kalo hh bootlop jd tinggal
restore aja)
15, ane gk tanggung jawab jika HH agan
bootlop dan kerusakan yg lainnya. selama
agan mengikuti proses yg ane kasih, insya
allah proses rooting berhasil. maaf kalo
tutorial kurang dimengerti. nubie banget
gan.
16, kalo pas mau masukin scatter error melulu coba downlaod & instal dropbox.
17, kalo pake semua cara belum berhasil
juga coba download teamviewer.
setelah di donlod extract file teamviewer
caranya kalo blm tau =klik kanan pada file
teamviewer pilih extract here cari foleder
yg bernama teamviewer dan buka
18, download file2 harus dalam keadaan
online
proses flash & root mau keadaan online
atau offline juga bisa
19, kalo blm ngarti flash + root a18 ,
agan bisa cari user yg domisili yg
berdekatan cek aja di Grup Cross A18 di facebook.

Jika link2 download tidak dapat diakses silahkan masuk Grup Cross A18 diFacebook,disana banyak master2 dan pakar yg suka membantu.
Kalau pakai cara apapun belum berhasil,utk hilangkan stress dan penat lihat dulu foto-foto yang bisa bikin fresh ini.

Sumber: kaskus.us & Komunitas Cross A18

4 komentar:

  1. maaf mas,, link 4sharedx ngga ada yang berlaku lge,, mohon posting ulang,, syukran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa didownload mas,coba ganti browser,didownload dari hp aja bisa saya barusan cek.utk bs download harys py akun 4shared dan login dulu.semoga membantu.
      Terima kasih kunjunganya.

      Hapus
  2. Saya bingung gan soalnya gak ada gambarnya .....
    Mohon pencerahannya kirim ke randyluthfy@gmail.com
    Makasih gan :)

    BalasHapus
  3. linknya udah mati gan... harap diperbaiki segera

    BalasHapus